One Man One Tree

Posted by Bumi Kita Semua | Posted in


Berkurangnya pohon di dunia yang semakin hari semakin bertambah sudah menjadi perhatian besar masyarakat dunia. Berbagai upaya untuk menambah jumlah pohon di belahan bumi sudah dilakukan, baik secara perorangan maupun melalui program pemerintah. maupun swasta. Salah satu dari program tersebut adalah One Man One Tree.

Mungkin kita sudah tak asing lagi mendengar slogan "
One Man One Tree" yang berarti "Satu Orang Satu Pohon". Program yang direncanakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 28 November 2008 atau bertepatan dengan Hari Penanaman Pohon Nasional ini merupakan program yang sangat efektif untuk memicu pertambahan jumlah pohon di Indonesia. Bayangkan, apabila seluruh penduduk Indonesia yang berjumlah lebih dari 200 juta jiwa ini melaksanakan program tersebut, berapa banyak sumbangan kita untuk mencegah dampak negatif dari global warming?

Program
One Man One Tree ini mungkin dianggap sepele bagi sebagian kalangan karena manfaat yang didapatkan tidak terlihat secara langsung. Namun bila kita teliti, dalam satu pohon kita dapat menemui berbagai macam manfaat. Pohon melepaskan oksigen yang berguna untuk proses pernafasan serta mengurangi polusi karena menyerap karbon dioksida. Pohon juga digunakan sebagai bahan baku furniture, bahan makanan, pencegah banjir dan sebagainya. Hal ini membuktikan bahwa One Man One Tree tidak sia-sia. Sulitkah melakukan program ini? tidak. One Man One Tree tidak memerlukan biaya yang besar dan tempat yang terlalu luas. Merawat pohonnya-pun tidak susah. Jadi kenapa takut?

Comments (0)

Posting Komentar


ShoutMix chat widget