Daur Ulang Sampah Organik

Posted by Bumi Kita Semua | Posted in


Daur ulang sampah organik sangat diperlukan saat ini. Ribuan bahkan jutaan ton sampah dibuang setiap harinya. Sebetulnya sayang kan, bila kita membuang sampah yang sebetulnya dapat kita olah menjadi barang yang lebih berguna? Oleh karena itu, kita dapat memulai mendaur ulang sampah-sampah yang ada disekitar kita seperti sampah organik.

Sampah organik, terdiri dari bahan-bahan penyusunan tumbuhan dan hewan yang diambil dari alam atau dihasilkan dari kegiatan pertanian, perikanan, atau yang lain. Sampah ini dapat mengalami perubahan atau terurai secara alami (degradable-waste). Antara lain seperti daun-daunan, sisa makanan, sisa tepung, kulit buah, kotoran, dan lain-lain.

Dengan kreatifitas yang kita punya, kita dapat mengolah dedaunan menjadi kompos, kulit jeruk bali menjadi mobil-mobilan (mainan) dan sebagainya. Pengolahan sampah organik membawa beberapa keuntungan seperti berkurangnya pembuangan sampah, meningkatnya nilai guna barang dan hasil pengolahannya dapat kita jual. Pembuatan sampah organik-pun dapat dilakukan secara gratis karena sampah organik terdapat dimana saja. Mendaur ulang sampah organik dapat mengurangi polusi lingkungan. Ayo, daur ulang sampah disekitar kita!



Comments (0)

Posting Komentar


ShoutMix chat widget